29 Desember, 2008

Tahun Baru Hijrah, Ide Siapa?

Dalam agama Islam dikenal banyak hari penting. Masing-masing memiliki makna yang berbeda. Namun , konon hanya ada dua yang wajib dirayakan. Yaitu dua hari penting yang diberi nama Idhul: Idhul Fitri dan Idhul Adha. Hari-hari penting yang lain lebih sekadar sebagai jangkar untuk mengingatkan pada momen-momen bersejarah. Entah mengapa, kok di negeri kita ga' ada tradisi merayakan tahun baru hijrah! Cuma "tanggal merah" doang? Sesungguhnya ide siapakah Peringatan Tahun Baru Hijrah? Apakah maknanya?

Sepeninggal Rasululah, masyarakat Islam merasa perlu memiliki kalender sendiri,dengan cara penentuan hari, bulan dan tahun sesuai dengan wahyu Allah. Ide pembuatan kalender ini dilontarkan oleh Amirulmukminin Umar Ibn Kathab (586-644 M), yang selanjutnya dimusyawarahkan dengan berbagai tokoh pada waktu itu.
Dalam musyawarah itu dibahas bermacam-macam pendapat mengenai hari bersejarah apa yang akan dijadikan patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan agar tarikh Islam dimulai dari hari lahir Nabi Muhammad SAW. Sebaliknya ada yang mengusulkan dimulai dari hari wafat beliau. Ada pula yang menghendaki tarikh Islam itu dimulai dari saat Nabi Muhammad diangkat menjadi rasul. Ternyata, yang disepakati adalah bahwa kalender Islam dimulai dari tahun hijrahnya Nabi Mohammad dari Mekkah ke Madinah. Mengapa?

Dibandingkan dengan tonggak-tonggak sejarah dalam Islam yang lain, hijrah ke Madinah memang merupakan hari yang paling bermakna. Hijrah merupakan tonggak pemisah antara kondisi jahiliah di Makkah dan kondisi peradaban Islam. Dan, menurut Saydina Umar Hijrah itu merupakan pemisah antara yang haq dan yang batil.

Peringatan Tahun Baru Hijrah, 1 Muharam 1430 Hendaklah bukan sekadar mengingat perpindahan fisik dari Makkah ke Madinah saja meski peristiwa itu memerlukan pengorbanan yang sangat besar. Diharapkan peringatan Tahun Baru Hijrah ini dapat mengingatkan orang betapa keangkuhan jahiliah telah ditinggalkan oleh muslim-muslim teladan di bawah kepemimpinan Muhammad SAW menuju peradaban dan keluhuran akhlak. Demikian imbau Gus Mus(A Mustafa Basri).

Tahun inilah saatnya terjadi hijrah dari perselisihan ke persatuan. Permusuhan hijrah ke persaudaraan. Kesombongan berganti kerendahan hati, fanatisme buta digantikan oleh tawasuth wal I'tidaal. Merasa pintar sendiri digantikan oleh ketakwaan dan kesediaan menghargai pihak lain.

Semoga kita memperoleh kekuatan dan ridha Allah agar kita mampu menundukkan ego degil kita karena itu merupakan tembok penghalang perjalanan hijrah ke kawasan yang lebih baik. Amin.

Selamat Tahun Baru, Selamat "Berhijrah"


Artikel Terkait:

16 komentar:

  1. Bagus sekali Whien postingnya.
    Abang salut sama Whienda.
    Met tahun baru 1430H ya
    Semoga kemudahan dan kesuksesan mengiringi langkah kita

    BalasHapus
  2. selamat tahun baru hijrah..

    BalasHapus
  3. Lematan tahun baru an salam kenal

    BalasHapus
  4. OK. . sama seperti di atas.. .

    BalasHapus
  5. terharu aku win baca postinganmu...salut deh gw..

    BalasHapus
  6. Met tahun baru jg neng :D moga di beri ke mudahan di tahun yang akan datang

    BalasHapus
  7. Selamat Tahun baru Hijriyah dan Tahun Baru Masehi. Seharusnya perayaan tahun baru hijriyah ga kalah meriah ya dengan perayaan tahun baru Masehi. Tapi ga apa-apa deh.

    BalasHapus
  8. kayaknya ada deh
    tanggal satu suro kan?
    kan di tempatku banyak yang melek ampe pagi....

    BalasHapus
  9. Met tahun baru hijriyah, sukses selalu.

    BalasHapus
  10. subhaanalloh....selamat datang di dunia kedamaian...barokallohu fii kulli auqootik yaa ukhti fillah...:)

    BalasHapus
  11. Tret tret tret..................met tahun baru ya Nda? wish you all the best

    BalasHapus
  12. iya win, setuju hijrah memang punya makna yang sangat penting di islam. terus terang jika ga baca postinganmu, daku rada lupa sih maknanya.. he he :)

    BalasHapus
  13. selamat tahun baru hijriah semoga tetep menjadi islam yang baik dan suka kedamaian

    BalasHapus
  14. Halah telat komenku... tapi ndak papa...
    Great post whien.... sukses buat lo...

    BalasHapus
  15. Met taon baru Islam ya pren;;)

    BalasHapus
  16. pergantian tahun selalu mengingatkan kita agar selalu berbuat lebih baik ditahun yang akan datang, karena bila perbuatan kita sama dengan tahun yang telah berlalu, sudah masuk hitungan orang yang merugi.

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.