19 November, 2008

Mengatasi Ngantuk di Kantor

Pas kerja di kantor, terus ngantuk menyerang! Berulang kali menguap! Anehnya, rasa kantuk itu hampir selalu terjadi setiap jam 10 siang. Sebel rasanya! Khan ga’ enak dilihat orang. Apalagi jika terlihat oleh bos. Itu bisa mempengaruhi penilaian performance kita. Mengapa ya, kok bisa begitu?
Kok, menguap terus menerus? Padahal, malam sebelumnya aku merasa sudah cukup tidur.
Beberapa cara untuk mengatasi itu telah aku coba. Salah satunya adalah, mencari selingan dengan aktivitas fisik, menata-arsip atau buku-buku dirak. Berpura-pura mencari arsip, sekalian menata “sampah-sampah” yang memenuhi laci meja kerja, juga telah kulakukan. Kadang, hal itu bisa menolong. Tapi begitu duduk menghadapi berkas-berkas ... kantuk itu datang lagi. Sebel!
Cuci muka? Ya nggak, lah! Cuci muka, bagiku tindakan yang terlalu berani! Itu berarti menampilkan wajah asli! Sebelum berangkat kerja, aku sudah banyak membuang waktu untuk ber-make-up. Kini,baru jam 10, make-up itu harus dibongkar untuk cuci muka. Terus pasang make up lagi, untuk menyembunyikan wajah asli. Pemborosan ‘khan?
Belakangan, aku menemukan ide smart. Ide itu berawal dari membaca artikel tentang pernafasan. Konon, tubuh kita mempunyai mekanisme otomatis jika kekurangan zat asam. Yaitu menguap.
Ternyata akifitas menguap tidak selalu pertanda tubuh kita perlu tidur. Pada saat demikian,sesungguhnya kita tidak merasa ngantuk yang sebenarya. Tubuh kita sedang mengalami kekurangan zat asam. Apalagi bekerja di ruangan tertutup, ber AC, yang udaranya… ya…berputar-putar yang itu-itu uga.
Untungnya, di kantorku, ada sedikit halaman yang cukup rimbun. Beberapa menit menghirup udara di bawah pepohonan dapat mengurangi kegiatan menguap dan rasa kantuk semu itu. Menghirup zat asam yang dikemas dalam kaleng …ternyata membantu juga!
Anda punya ide lain untuk itu? Success4U. Whienda



Oh,  ya...Jika rasa ngantuk yang menyerang itu akibat bio-rithme, Anda dapat membaca postinganku yang ini: Mengatasi ngantuk di kantor 2. 


Artikel Terkait:

11 komentar:

  1. Anonim19.11.08

    Pola "ngantuk" spt itu juga bisa karena bioritme dalam siklus 24 jam.Kalo orang biasa tidur jam 10 malam, ia juga bakal "ngantuk" pada jam yg sama di siang harinya.Selamat ngeblog!

    BalasHapus
  2. @Anonim:
    Yups! anda tlah ingatkan aQ ttg bioritme yg berlaku bagi semua makhluk!Trus gimana ngatur bioritme di siklus malam agar siklus siang tetap full energi? Tanks banget sarannya!

    BalasHapus
  3. kok sama ya, aku juga ngantuk tiap jam 10 sampai jam 11...kalo dah gitu ga enak badan rasanya lemes...pergi ke kantin deh beli cemilan atau minum baru seger lagi...ngantuk plus laper..haha

    BalasHapus
  4. Anonim21.1.12

    lari 10 km..ngantuk hilang..

    BalasHapus
  5. udah coba minum kopi, cuci muka, tapi tetep saja masih ngantuk..
    gmn ya caranya?terkadang sangking seringnya ngantuk, sambil berdiripun q bs tertdr sejenak sambil mejamkan mata, ya stdknya 10 menit/ lebih, dan yg pernah q alami dan rada ekstrim, waktu naik motor, sangking ngantuknya mpe pejem juga mataku, untungnya g terjadi apa2, lw kayak gini trs, bisa bahaya kan?apa ada yg bersedia ngasih masukan buat q, bias g ngantuk lagi? terima kasih

    BalasHapus
  6. tipsnya sanngat saya butuhkan terima kasih

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.