30 Maret, 2010

Mengatasi Ngantuk di Kantor 2

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang mengatasi ngantuk di kantor. Itu salah satu postingan saya yang banyak menarik minat pengunjung. Maklum, tentang ngantuk di kantor ini memang sangat mengganggu performance seseorang. Kredibilitas kita sebagai bintang kinerja bisa terancam. Sayangnya, solusi yang kuberikan waktu itu, tidak berlaku bagi semua orang dan semua kasus.
Pada postinganku yang lalu adalah pengalaman pribadiku. Di paparan itu kusebutkan bahwa rasa ngantuk tidak selalu gejala kita butuh tidur. Itu, karena otak yang kurang mendapatkan cukup zat asam. Oleh karenanya, hanya dengan beberapa menit istirahat di bawah pohon rindang, rasa ngantuk itu sudah dapat diatasi.

Yang ingin daku paparkan kali ini adalah, rasa ngantuk akibat bio-rithme. Yang ini ada dua macam. Yaitu,  kita benar-benar membutuhkan tidur atau hanya kebutuhan tidur yang semu (seolah-olah butuh tidur). Cara mengatasi ngantuk seperti ini  kudapat dari   kursus hypnoterapy/subconscious mind programing.

Cara mengatasi ngantuk dapat di atasi dengan tiga pilihan cara berikut:
A. Relaksasi. Anda cukup bersandar di kursi kantor Anda. Lalu lakukan perentangan sederhana.
    1. Tarik nafas yang dalam, terus lepaskan nafas pelan-pelan sambil melepaskan semua yang Anda pikirkan.
    2. Tarik nafas, lagi, lepaskan dengan nikmat, sambil membayangkan Anda tidur di tempat yang sepi, sejuk, dan indah. Bisa di pegunungan, di pantai, kolam renang dan sebagainya.
    3. Tarik nafas sekali lagi, lepaskan yang nikmat, sambil berkata dalam hati, "Saya tidur selama 5 menit" (Jangan berkata, "saya akan tidur selama 5 menit". Kemudian lepaskan rasa ketegangan secara bertahap, dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Niscaya Anda akan tidur beneran. Saat ini, Anda sedang menghipnotis diri sendiri. Baca juga Hipnosis latihan pertama.
    4. Lima menit kemudian, Anda akan terbangun. Lalu, segera lakukan afirmasi. "Aku bangun dalam keadaan lebih segar dan lebih energik" Kemudian bangunlah.
    5. Sesudah Anda bangun, lakukan afirmasi sekali lagi "Saya lebih segar dan energik" seraya meneruskan pekerjaan Anda. Penting untuk diingat: Anda tidak perlu merasakan masih ngantuk atau tidak. Cukup, lakukan afirmasi, dan lanjutkan bekerja.


B. Energizing
Cara ini cocok jika anda juga mengalami rasa lesu, lelah atau  bad-mood. Dengan cara ini Anda tidak tidur beneran. Prosedurnya hampir mirip prosedur A (di atas). Bedanya, pastikan pikiran sadar Anda benar-benar istirahat, dengan mengalihkan ke satu hal, yaitu membayangkan Anda beraktifitas (bukan tidur) di tempat yang indah. Mohon diingat bahwa bawah sadar Anda tidak dapat membedakan realita atau imajinasi. Imajinasi ber-aktifitas dengan rasa senang dan bergairah ini berfungsi mengalihkan pikiran Anda ke satu hal. Jadi, bukan hanya melepaskan pikiran Anda yang berjibun (stres), tetapi juga memberi stimulus pada Bawah Sadar untuk memproduksi energi ektra. Ini dapat Anda lakukan kapan saja ketika rasa malas menyerang.
Lakukan energizing ini 5 atau 10 menit, lalu bangkit dan jangan lupa melakukan afirmasi seperti A.5 di atas.

C. Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar.
Cara A dan B, perlu Anda lakukan pada saat ngantuk menyerang. Tapi, cara ke tiga ini, walau agak sedikit sedikit sulit, dapat menghilangkan "penyakit ngantuk di kantor" tersebut secara permanen. 
Bio-rithme -yang dalam hal ini berupa selalu ngantuk pada jam tertentu- sesungguhnya hasil dari pemrograman Anda sendiri. Self Programing itu telah berlangsung lama tanpa Anda sadari, yang kemudian menjadi kebiasaan. Di memory Bawah Sadar Anda telah tercetak  "jadwal tetap" seperti itu. Akibatnya, pada saat yang tertentu, Bawah Sadar Anda mengisyaratkan kebutuhannya untuk tidur.  "Jadwal"  yang telah tercetak di Bawah Sadar sejak beberapa bulan/tahun ini cukup sulit diatasi. Satu-satunya jalan adalah, Anda membuat program baru. Yaitu, program yang harus dijalankan oleh Bawah Sadar pada "jam tertentu" tersebut.
Caranya sama dengan cara B, tapi lakukan beberapa kali dengan jadwal yang tetap dan rutin. Saya tidak dapat menjanjikan pada latihan ke berapa Anda berhasil. Itu tergantung seberapa kuat "jadwal lama" itu mengakar di memory Bawah Sadar.

Semoga berhasil menyelamatkan performance-star Anda dari ganggguan "ngantuk sialan" itu.
With Love, Whienda.

Artikel Terkait:

20 komentar:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Keknya menarik juga untukj dicoba. Baca lagi, ah biuar paham ato sekaian dan save as aja.
    *Keahuan kalu suka ngantuk di Kantor, hehehehe

    BalasHapus
  2. nfo yang sangat bermanfaat nih....
    Salam kenal!

    BalasHapus
  3. @alamendah
    Mau coba dulu? Oke, deh! Setelah itu, ayo kita diskusikan agar makin paham kalo hypnosis ini sangat bermanfaat dalam banyak bidang.
    Daku suka ngantuk di kantor? Kayaknya gitu, deh ... dasar shio bantal! Hi..hiik!

    BalasHapus
  4. @akhatam
    Syukurlah, kalau postingan ini bermanfaat. Senang sekali berkenalan dengan Anda.Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Blog yang unik dan kreatif nih

    BalasHapus
  6. Obat nagntuk yang paling mujarab adalah tidur hehee

    BalasHapus
  7. Dalam Islam sebenarnya shalat wajib 5 waktu adalah sebuah sarana 'menghipnotis' atau mencharge diri secara rutin yang jika sungguh2 dalam pelaksanaannya akan membuat kita selalu segar, apalagi jika ditambah shalat sunnah dhuha, tahajud, dll...

    Salam Winda, lama ga berkunjung nih saya...

    BalasHapus
  8. @Bang dede:
    Tidur? Tidur di kantor sambil ndengerin boss menyanyi?

    BalasHapus
  9. @Yoga
    Maksud Anda, ada kemiripan proses antara shalat dan hypnosis? Tentunya dalam hal re-charging, ya?

    Kalau dalam sehari kita melakukan re-charging sebanyak lima kali ..wah, dahsyat skali! Apa lagi masih ditambah yang sunah!

    BalasHapus
  10. kalo ngantuk enakan langsung tidur ajah.. hehe

    BalasHapus
  11. Mantap tipsnya, bermanfaat,. makasih Whienda

    BalasHapus
  12. anast14.9.10

    tips yang bagus.semoga banyak berkat bagi pemberi tips yg sgt berguna bagi byk org.

    BalasHapus
  13. tipsnya bermanfaat mas.thanks ya

    BalasHapus
  14. Anonim12.10.10

    Stuju Berat (Zabimaru - Indonesia)

    BalasHapus
  15. wah..kebetulan lagi ngantuk nih di kantor

    BalasHapus
  16. nih sekarang gw lagi ngerasain ngantuk berat,,

    udah dicoba tapi masih belum berhasil,,
    akhirnya gw coba lakuin ntu di toilet sambil duduk n lumaya berhasil,,hehehe

    yaaa,,tidur 5 menit di toilet lumayan jg qo,,,hehehe ^0^

    BalasHapus
  17. boleh dech , saya coba dulu sarannya, mudahan g ngntuk lgi..
    mksh ya mbak wienda.. :)

    BalasHapus
  18. mengantuk memang nikmat banget tapi kalo ngantuk gak pada tempatnya memang bisa berbahaya

    BalasHapus
  19. terima kasih tips2nya

    BalasHapus
  20. wah bagus nich ulasanya gan boleh- boleh

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.