15 Maret, 2010

Hypnosis ala Dedy Calbuzer

Suatu kali di stasiun televisi yang sedang berulang tahun, Dedy Calbuzer mmperlihatkan kebolehannya. Ia meletakkan tubuhnya melintang di atas dua kursi terpisah. Tubuh Dedy bagaikan jembatan yang melintang di antara dua kursi. Tepuk tangan pun menggema. Tambah lagi, seseorang yang bertubuh gempal berdiri di tubuh ”jembatan Dedy”. Luar biasa! Tepuk tangan makin bergemuruh.


Ketika tepuk tangan mereda, Dedy mengeluarkan jimat yang semula digunakan sebagai kalung. Mengesankan, seolah-olah kekuatan yang diperoleh Dedy itu berasal dari jimat itu. Tapi, Dedy bertindak lain. Jimat itu dibuangnya sambil berkata kepada penonton: "Sesungguhnya kekuatan seperti itu ada dalam diri Anda! Bukan dari jimat atau siapa pun!”

Bohongkah Dedy? Kita semua juga punya kekuatan seperti dirinya? Bukan Jimat?
Mari kita buktikan.
Permainan ini kita namai: Jembatan Baja. Perhatikan gambar di bawah ini. Ini yang kita pilih sebagai praktek pertama kita.
Namun, sebelum memulai, kita pahami dulu hal berikut:
Berulangkali disampaikan oleh para Hypnotis, bahwa seseorang baru dapat dihipnosis jika ia memang bersedia. Dengan kalimat lain, kondisi hipnosis tercipta jika seseorang mau menuruti perintah (sugesti) si penghipnosis tanpa keraguan. Sedikit keraguan saja kondisi hipnosis tidak akan terwujud.
Jadi masalah utamanya, bagaimana agar sasaran hipnosis mau menerima sugesti dan menjalankan perintah Anda!

Faktor-faktor keberhasilan/kegagalan Hypnosis

A. Faktor Penghipnosis:
1. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik komunikasi verbal maupun non verbal
2. Bertampilan menarik serta meyakinkan
3. Percaya diri. Ini penting. Orang bijak bilng, "Kehilangan terbesar, adalah kehilangan percaya diri" (Ha, iyalah .. kalau sama dirinya sendiri ga' percaya ... kok orang lain suruh percaya ama dia!)
Ketidakmampuan berkomunikasi efektif inilah penyebab terbesar kegagalan para penghipnosis, terutama penghipnosis pemula.


B. Faktor terhipnosis
Proses Hypnosis dapat gagal jika:
-terhipnosis pura-pura bersedia, apa lagi berniat mempecundangi atau mempermalukan Anda
-terhipnosis kurang atau tidak paham akan kalimat-kalimat yang Anda ucapkan.
-terhipnosis berada dalam keadaan stres dan tidak fokus (misalnya, terlalu letih, mabok)

-terhipnosis menyimpan sejumlah rasa takut:
misalnya,
- takut dikuasai oleh orang lain
-takut diperlakukan tidak senonoh
-takut rahasia pribadi terbongkar
-takut melakukan hal-hal konyol dan menjadi bahan tertawaan orang lain.
-takut tidak dapat kembali ke kesadarannya.
-takut di bawah pengaruh ilmu sihir, ilmu hitam lainnya

Oleh karenanya penting disampaikan kepada sasaran hipnosis dan penonton bahwa:
- Hypnosis tidak mengandung unsur magis, mistik, jin, roh-roh halus, pengisian, attunmen, tansfer energi, initiation, shaktipat, atau istilah lain yang mengandung arti diluar logika ilmiah.
- Terhipnosis akan merasa lebih nyaman, lebih segar dan lebih berenergi di banding sebelumnya ( hal ini dapat dibuktikan dengan instrument medis)

Tidak semua orang mudah dihypnosis:
Pada artikel sebelumnya, daku sudah paparkan bahwa orang yang memiliki percaya diri tinggi, lebih mudah menerima sugestinya sendiri (otosugesti) dibanding sugesti orang lain. Kelebihannya, ia malah lebih bisa men-sugesti dirinya sendiri, dibanding lainnya. Ini bagus untuk self-hypnotherapi.
Stanfors telah melakukan penelitian tentang sugestibilitas. Hasilnya, ia menelurkan skala yang dikenal sebagai Stanford Hypnotic Susceptibility Scale, antara lain sebagai berikut:
- 10% manusia mudah dihypnosis (Stage Hypnosis)
- 85% moderat. Untuk menghipnosis orang seperti ini perlu banyak latihan dan pengembangan tekhnik
- 5% sulit. Bahkan, menerima sugesti oleh dirinya sendiri aja sulit. Yang bergelar master Hypnotis-pun (MHt) juga tidak selalu berhasil.
Nah, dalam Stage Hypnosis (Hypnosis untuk hiburan) , sangat saya sarankan, hanya yang 10 persen itu yang Anda jadikan sasaran. Untuk menyaring dan memperoleh yang sepuluh persen tersebut, dapat saya paparkan di lain kesempatan. (Sebagian tanda-tanda fisik individu yang mudah dihipnosis telah kutulis di artikel sebelumnya)

Waduh! Ngantuk! Dasar, ... sio bantal!
Maafin, ya, sayang, ... besok aja latihannya.
With Love, Whienda



Artikel Terkait:

9 komentar:

  1. Ada saatnya dihipnotis menjadi senang dan ada saatnya dihipnotis menjadi sedih, tergantung sugesti yang diberikan.....
    "THE MASTER"
    pertama x comment, hehehe.....

    BalasHapus
  2. Kalau saya, termasuk orang yang mudah mensugesti diri sendiri. Ini sangat berguna pada saya dalam kondisi yang lemah/sakit. Dengan auto-sugesti maka lebih cepat pemulihannya.

    Tks ya Whin atas sharingnya...

    BalasHapus
  3. @03agoenk
    Yups! Sependapat en kompak!
    Namun, saat ini daku sedang berbagi pengetahuan tentang Stage Hypnosis yang semata-mata untuk tujuan hiburan, untuk bersenang-senang.
    Yang menghipnosis, terhipnosis, yang nonton semuanya senang!
    Thanks!

    BalasHapus
  4. @Bang Erik
    Nah..sikap Abang ini sunggguh baik dicontoh. Berbeda dengan Papa yang sulit menerima sugesti bahkan dari diri sendiri sekali pun. Sikap de- mikian berakhir setelah belajar self- hypnotherapi.Kini, kesehatan Papa makin baik dan makin baik saja, hanya usianya saja yang makin bertambah. Jarang ke dokter, jarang minum obat.
    Terima kasih dukungan Abang!

    BalasHapus
  5. iih..takut dihipnotis..:)

    BalasHapus
  6. Pernah saya mensugesti diri saya agar sembuh dari sakit lantaran besoknya ada acara yang penting. Ajaib, sakit saya sembuh.
    Ajaibnya lagi, setelah acara selama 4 hari itu selesai, saya jatuh sakit lagi.
    hehehe

    Ini komentar asli dari Alamendah, bukan kek orang yang ngaku-ngaku sebagai alamendah dan menuliskan fitnah dan provokasi sebagaimana baru saya posting

    BalasHapus
  7. @Isti
    Dihipnosis itu nyaman dan menyehatkan, kok, Mbak

    @alamendah
    Sakitnya dikansel ya, Bang? Lain kali, dikansel selama 90 tahun, gitu! Hi, hiik!

    BalasHapus
  8. Wah mantep tuenan blog-ge .. sy stop rokok sdh > 10 thn (logika/sadar), stop 2-man (baca ..tuman) urut > 3thn dampak self suggesti .. apesnya mo direct sugesti org terdekat (istri) pre-talk aja alot muter-2 angel bgt .. padahal doi suka nonton acara Uya emang Kuya .. lho .. Kabar baiknya .. dlm tugas gar-wo doi bisa naik bukit > 3x /job .. :) :) .. Alhamdulillah saja dech

    BalasHapus
  9. tukeran link yuk mbak. :)
    ditunggu kabar baiknya ya :)
    dari widhi - surabaya :)

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.