26 Desember, 2008

Syalom Allaikhem

Waktu itu teman-teman dari Universitas Muhamadiah lagi pada ngerumpi. Mereka lagi punya gawe kecil-kecilan. Biasa! Diskusi tentang hot-topic. Daku menghampiri dan memberi salam, "Salam sejahtera dalam Rahmat Allah dan Berkahnya". Mereka tak ada yang menyahut. Trus daku beri salam lagi: "Assalam mu'alaikum Wa Rochmat'u Allahihi wa Barohah-tu." Mereka pun serentak mengucapkan kalimat yang sama. Lho, kok bisa!

Lantas daku berkata, "Wah kalian pada pinter bahasa Arab semua ya? Sampai salamku dalam bahasa Indonesia ga' kalian mengerti!" Kata-kataku membuat mereka terperanjat. Secara spontan mereka mengeroyokku, "Sialan lo Whien! Elo menjebak kita-kita, ya?". Diriku pun di uyel-uyel habis. Rambutku jadi amburadul, ga' karuan!

Bercanda, memang! Tapi salam tadi lantas jadi hot-topic. Perbedaan pendapat-pun tercurah.
Asumsi-nya, tidak banyak orang yang mengerti arti Assalam'mualaikum, dan menggunakan sebagai sekedar "alat" menyapa belaka! Sebagian lagi berasumsi, bahwa walau mengerti artinya, tapi salam itu diucapkan secara artikulatif semata ... tidak sepenuh perasaan dan harapan. Jadi, ya, efektifitasnya berkurang!

Padahal, jika salam tersebut diucapkan dengan sepenuh hati, tentulah akan menimbulkan suasana yang sejuk. Daku mengalami sendiri, kok! Salam yang daku sampaikan dengan sepenuh hati, telah membimbing diriku sendiri dalam bersikap. Seandainya salam itu tak berpengaruh kepada orang lain, setidaknya berpengaruh terhadap diriku sendiri. Misalnya, sebagai pengirim salam, suasana hatiku menjadi lebih sejuk. Bahkan, ketika terjadi perdebatan sengit sekalipun, daku masih sanggup menggendalikan diri. Hanya karena menghayati Assalam Mualaikum wa Rocmhatu Allaihi wa Batokah'tu itu!

Sesungguhnya, sejak jauh hari Isa al Maseh Alaihi wa sallam, atau yang lebih dikenal sebagai Yesus Kristus juga sudah bersabda: "Apabila kamu masuk rumah orang, ucapkanlah Syalom Alaikhem. Tapi apabila kamu memberi salam kepada saudara-saudaramu begitu saja, apakah lebihnya kamu daripada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun dapat berbuat demikian? (Injil, Matius 5:7; 10:12, Jewish Testament Publications, 1989)

Indah sekali hari itu. Perbedaan dalam kebersamaan. Tidak harus kesamaan!
Tentang kebersamaan ini, daku jadi ingat sabda Yesus: “Dan hendaklah orang-orang datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka duduk bersama di dalam Bait’Allah (Injil Lukas 13:29, Ibrani: Sefer Ha B’it ha-Hadasah, Jerusalem, Unites Bible Societies, 1992)

Yang lebih indah lagi, yaitu, ketika Nabi Mochammad mengajak dan memimpin semua pemuka agama yang bersumber dari Nabi Abraham (Tauchid =Oneneess=Keesaan) melakukan renovasi Bait’Allah …
Ah... andaikan kebersamaan seperti waktu itu berlangsung hingga kini dan …tak tercampuri urusan politik … betapa indahnya dunia! Tidak harus kesamaan! Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku ... dan tetap berpeganglah kamu semua kepada tali kasih Allah

Mohon maaf jika Whienda salah ..wong cuma baru bisa mengutip bukan menafsir.

*) Bait'Allah, Baitullah, adalah "rumah Tuhan" yang pertama, dibangun oleh Nabi Abraham.


Artikel Terkait:

15 komentar:

  1. otakku masih blenk non. lom isa ngasih masukan yang berarti.

    BalasHapus
  2. Wa alaikum salam whienda.. .

    BalasHapus
  3. dalam beragama kita saling silaturahmi ya.. :D

    BalasHapus
  4. emang siy...perbedaan itu indah....
    seepp...artikel yg keren wiend....
    keep posting yaa....

    BalasHapus
  5. salam kenal mba winda ^^

    BalasHapus
  6. assalamualaikum buat mbak whienda. membaca artikel mbak membuat aku tertarik pengen mengenal mbak lebih jauh. karena aku melihat dua manusia dalam satu konsep yang sama. salam kenal ya mbak.

    BalasHapus
  7. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  8. Indahnya kebersamaan tanpa memandang ras, suku dan agama.
    Happy new year 1 Suro 1942 Jimawal..

    BalasHapus
  9. Akan terasa indah kebersamaan itu bila kita dapat menghargai keyakinan masing2 karna betul seperti yang tertulis diatas bahwa Agamamu untukmu dan agamaku untukku.. :)

    BalasHapus
  10. Hi Wheinda? How r u? Just wanna say, happy new year 2009.

    BalasHapus
  11. Keindahan beragama, akan dirasakan jika antar pemeluk agama yg satu dg yang lainnya tidak saling menghujat, tidak saling memaksakan dantidak saling memanfaatkan kekurangan yg lain.

    Manusia diberi akal oleh Allah untuk memilih dan memutuskan, serta hati nurani untuk mempertimbangkan sesuatu.

    BalasHapus
  12. havenu syalom alleikhem, kubawa kabar sukacita kepada mu sister, salam persaudaraan, walaupun kita berbeda agama dan keyakinan tapi apa yang kita lakukan tetap bersumber pada TUHAN... salam .!

    BalasHapus
  13. @Welly:
    Yups! Sepakat, Bro! Kabar sukacita yang kaya ginilah yang daku tunggu. Kita memang bersaudara. One for all, all for One! Tanks brother! Peace in the world, like peacefulness in heaven!

    BalasHapus
  14. Ekekek..sorry saya ngelihatna lain, pinter nohok juga lu.. Asalamu'alaikum elo ubah ke Indonesia he..he.. cerdik non.

    BalasHapus
  15. berkualitas banget tulisannya.walaupun curhat tapi maknanya dalam banget..bener2 menguasai dua2nya...welcome to be Muslimah...

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.