05 Desember, 2008

Bencana akibat kesalahan kecil

Jalan pendakian mencapai performance-star tidak selamanya mulus seperti yang diimpikan banyak orang. Bahkan, banyak sekali batu sandungan yang harus kita hindari secara cerdas. Jika gajah dapat tergelincir hanya karena kerikil kecil, tentu demikian juga kita adanya. Namun, tetap saja ada bedanya. Walaupun binatang tak pernah mengenal teori, mereka mau belajar dari kesalahannya. Bahkan, keledai yang dikenal binatang paling bodoh pun tidak akan mengulangi kesalahan lebih dari satu kali. Bagaimana tentang manusia?

Malulah daku jika berpikir demikian. Beberapa kali daku menjumpai kesulitan, cuma gara-gara kerikil kecil. Contohnya kunci kendaraan. Sudah waktunya berangkat kerja masih bingung mencari kunci kendaraan. Pernah juga daku melanggar appoinment gara-gara benda itu. Biasanya kubiarkan kunci itu berada di saku blazer. Tapi blazer yang mana. Gara-gara mencari kunci sialan itu, tak urung kamarku jadi porak poranda kayak dilanda gelombang tsunami. Nyokab pun jadi sasaran kemarahan. Soalnya, Nyokab jualah yang lebih sering ngeberesin kamarku.

Kejadian ini nyaris sama dengan yang kubaca dalam buku best-sellernya John Adrew yang berjudul Superself. "Jangan biarkan hal sepele mengganggu achievement Anda" katanya. Seberapa banyak produkrivitas kita terganggu gara-gara "kebiasaaan" kecil ini. Misalnya, flash-disk! Memang benda itu udah daku kalungin di leher. Tapi, tinggal tutupnya doang! Bodynya entah terselip di mana. Tertinggal di ruangan boss atau di kamar mandi. Misalnya lagi, berkas yang tak dikembalikan ke dalam foldernya, kebiasaan menaruh file di My Document tanpa di proteksi, dan sebagainya. Bayangkan! Hampir setengah hari waktu ku habis hanya untuk pekerjaan "mencari"
Maka, jadilah hari buruk bagku.

Kembali ke anak kunci. Dengan menyediakan tempat kusus semacam pernik keramik di meja hias, "bencana" seperti itu tak bakal terjadi. Yang diperlukan hanya sebuah disiplin kecil. Letakkan pada tempatnya. Dan dalam sekala yang lebih besar, ini bagian dari manajement sukses industri Jepang yang dikenal dengan 5S! Berbobot
nih, ye!

Akhirnya, dengan membulatkan tekat, kutegakkan sebuah disiplin kecil. Kusediakan tempat kusus bagi kunci kendaraan itu. Sebuah hiasan berbentuk cawan, ternbuat dari keramik, kuletakkan di meja kamar. Dan sejak saat itu, waktu santaiku menjadi lebih banyak.

Hingga sekarang, dalam keseharian, masih saja daku melihat orang-orang di sekitarku yang ribut mengenai kuncinya. "Lu ngelihat kunci gua? Tadi gue taruh di sini? Siapa yang ambil?". Itu pertanyaan dia yang kesekian puluh kalinya! Dan daku hampir malas ngejawabnya. Sekali-sekali niru perilaku binatang kenapa sih! "Tidak mengulangi kesalahan!"

Sejak latihan disiplin kecil tersebut, daku lebih nyantai ketika berangkat ke kantor. Sunguh ga' enak memulai pekerjaan penting dengan pikiran yang stress. Ya, cuma gara-gara kunci kendaraan atau flash-disk.

Kini, daku bisa duduk di meja dan siap mempertahankan performance-star. Flash disk siap, semua siap ...
Alamaak ... kunci lanci mejaku ketinggalan di rumah! Dasar manusia ... ...


Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Hemm, benar Whien, kejadian di atas, banyak terjadi diantara kita.
    Kejadian tersebut karena kita gak disiplin dan suka menganggap remeh sesuatu. Saesuatu hal yang kita anggap remeh dan kecil namun sebenarnya bisa berdampak besar.

    Syukurlah Whien sudah mulai perubahan itu. Semoga bisa menjaga konsistensinya. Karena menjaga sesuatu secara konsisten itu lebih berat dari pada memulainya

    Semoga SUKSES!!!

    BalasHapus
  2. Met siang... Mau numpang jadi follower blog ini ah... :)

    BalasHapus
  3. mulai sekarang :
    1. belajar disiplin menggunakan barang dan mengembalikannya pada tempat semula.
    2. kl perlu buat catatan2 kecil untuk hal2 penting tapi sering terlupakan.
    3. Yang terpenting : NIAT !

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.