25 Desember, 2008

Kontroversi: Natal vs Sinterklas

Tanpa menghiraukan kontroversi yang terjadi, di seputar Natal, yang paling menyenangkan bagiku adalah Sinterklas. Itu lho, sosok kakek tua, berjenggot putih dan berbaju merah Coca-Cola. Di musim salju, kakek itu datang dari Kutub Utara mengendarai kereta yang ditarik rusa. Dari kantung besar di pungungnya, ia membagi-bagi hadiah untuk anak-anak yang tidak nakal. Kemunculannya di seputar Natal diiringi oleh Swarte Piet dengan membawa karung. Maksudnya, untuk menakut-nakuti nak-anak agar tidak nakal. Sayangnya, kehadiran Si Hitam ini justru ditakuti dan dimusuhi oleh nak-anak. Mereka mencintai si Putih dan memusuhi si Hitam.

Siapa sesungguhnya kakek yang baik hati itu? Tidak jelas. Ada yang mengatakan bahwa pencetus ide ini adalah kelompok mahasiswa penyayang anak-anak di Polandia. Menurut Romo Eko Wiyono, Sinterklas adalah rekayasa Haddon Sundblom, manajer humas Coca-Cola untuk keperluan iklan (1931-1964) Di Amerika, Sinterklas telah menyimpang jauh menjadi “power” pendongkrak penjualan berbagai produk. Santa Claus dianggap sebagai pengobar sikap konsumtif masyarakat.
Konon, sosok Sinterklas, ini adalah sosok nyata, Yaitu Santo Nicholas, seorang pastur termuda di Vatican yang berusia 18 tahun. Ada juga yang mengatakan Nicholas adalah seorang uskup di Turki pada abad ke 4 masehi. Karenanya, banyak kalangan meyakini bahwa Sinterklas dan Santa Claus adalah sosok berbeda. Santa Claus bukan seorang pastur. Sedangkan Sinterklas adalah sebutan orang-orang Belanda bagi Santo Nicholas, sang pastur belia yang dermawan itu.

Siapa pun dia, seorang pastur atau bukan, sebagian gereja menolak kehadirannya. Kehadiran pak tua baik hati itu terkesan lebih menonjol dibanding “kehadiran” Yesus Kristus. Peringatan Natal di gereja menjadi berkurang sakral-nya. Kalau diadakan di luar gereja, ya tidak masalah. Alasannya, Sinterklas tidak ada hubungan langsung dengan kelahiran Yesus Kristus. Lebih dari itu, kelahiran Putra Mariam itu juga bukan di musim salju. Tapi, ketika bintang-bintang gemerlap di langit!. Kelahirannya ditandai dengan “bintang kejora” yang cemerlang di atas Betlehem.

Menurut Romo Eko Wiyono, pastor Paroki Hati Kudus Yesus: "Kalau memang berniat mendidik anak-anak dengan bagi-bagi hadiah, mbok ya, di tempat yang tepat. Misalnya, di barak-barak pengungsi, korban bencana alam, atau kepada mereka yang lebih membutuhkan. Bukan di mall-mall yang lebih menonjolkan upaya mendongkrak pemasaran atas nama Yesus".

Bagi yang merayakan Natal: Salam Kedamaian, dari Whienda.
Image: Beauty Santa Clause and Coca-Cola, peaceday.com



Artikel Terkait:

11 komentar:

  1. wow keren...mengungkap keberadaa sinterklas 8-}

    BalasHapus
  2. wah, asyik dong biasanya Sinterklas datang bawa bungkusa kado heheee,,have a good day

    BalasHapus
  3. whienda, jadi tau sdikit tentang sinterklas.. .

    BalasHapus
  4. Informatif posting ..!!!

    BalasHapus
  5. Meski saya merayakan Natal tapi blm pernah baca yang beginian, hehehhe.... Trims banget ats infonya mba whienda.... Merayakan Natal juga ga? Kalau iya, met natal ya.... :)

    BalasHapus
  6. Makasih Whinda, jadi tau asal usul sinterklas.

    Gimana kabar papanya?

    BalasHapus
  7. ehm..jadi ingat masa lalu...

    BalasHapus
  8. hmm... ini baru artikel.. mantab... tob abiez

    BalasHapus
  9. Wah pengetahuan nya hebat ya! Jangan jangan kamu cicit nya sinterklas. Hehe. Met natal yeh

    BalasHapus
  10. Jadi ingat dulu sewaktu masih kecil tiap natal selalu nunggu kado dari sinterklas..

    BalasHapus
  11. sinterklas yang dinantikan setiap orang...

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.