06 Januari, 2010

Membuat pola dasar template.

Cara membuat template ini daku siapkan untuk Anda yang suka serba eksklusif. Di jagat maya ini cukup banyak penyedia template yang bagus. Tapi, tapi tidak memenuhi harapan sebagian bloger yang suka tampil beda dan unik.
Oleh karena itu, terpikir olehku untuk berbagi pengalaman, menyumbangkan pola dasar template yang daku buat dengan basis Charmskin XML Beta. Daku telah lakukan modifikasi sebizaku sehingga memungkinkan Anda berkreasi dengan mudah. Skin yang sedang kugunakan sekarang, juga hasil modifikasi dari pola dasar template ini.
Silahkan amati bagan tata letaknya di bawah ini:


Setelah pola dasar template ini di install, di halaman tata letak akan terlihat seperti ini:


Spesifikasi
1. Bar navigasi tersedia secara build-in, tepat di dasar header. Tapi, Anda bisa mengubah angka ke posisi yang Anda inginkan. Anda juga bisa menambahkan button-link sebanyak yang Anda butuhkan.
2. Header, Di sini Anda dapat meletakkan image-header sebesar yang Anda suka. Template akan menyesuaikan secara otomatis.
3. Dibawah Header, disediakan widget selebar halaman yang mungkin berguna untuk deretan iklan. Widget ini dapat di non-aktifkan jika diinginkan.
4. Di atas Main-Post juga disediakan widget. Dapat digunakan secara statis maupun insidental. Dapat juga di-nonaktifkan.
5. Side-Bar memuat dua mode, horisontal dan vertikal. Salah satunya dapat di non-aktifkan.
6. Di bawah Main-Post disediakan bottom-bar selebar halaman. Anda leluasa menggunakan bottom-bar untuk deretan iklan atau apapun.
7. Widget-widget di bawah bottom-bar, terdiri dari tiga mode. Anda dapat membuat widget sebanyak Anda mau.
8. Footer, dapat Anda gunakan untuk catatan kaki dan identitas blog Anda.
Hebat, 'kan?

SEO sytstemize!
Dalam template ini daku sediakan kolom untuk Anda isi dengan nama dan disikripsi blog, serta kata-kunci sebanyak Anda mau. Hal ini daku maksudkan agar blog Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari.

High Speed Loading. Template ini berkecepatan tinggi dalam hal loading! Alasannya, nyaris semuanya dilakukan dengan permainan koding. Kecuali, ada logo blog saya di Footer ( mau dihilangkan juga ga' papa ... kalau tega!)

Eksklusif?
Ya! Anda yang akan membuat template ini jadi unik bin eksklusif!
Untuk itu, tidak ada keharusan memahami bahasa HTML. Anda cukup memperhatikan bahasa yang sudah akrab, misalnya: width, height, margin, background, color, dsb. Pada hal-hal tertentu kuselipkan keterangan yang membantu kemudahan Anda memodifikasi.
Cara mudah untuk itu, dapat Anda baca di postingan saya: Cara mengubah template jadi eksklusif.

Untuk pewarnaan yang eksklusif, yang bukan sekadar warna dasar, Anda bisa memilih di postingan daku yang ini: Kode warna eksklusif template-skin.
Seperti apa kira-kira jadinya template ini nanti? Coba lihat contohnya di postinganku yang ini:
High Speed Template

Pola Dasar template ini masih versi asli dari Charmskin Blogspot. Oleh karenanya, dapat langsung menggunakan Avatar-coment dan Read-More yang baru-baru ini telah disediakan oleh Blogspot.
Tapi, jika Anda menginginkan Read More yang lebih ber-orientasi kepada kustomer, dapat Anda peroleh di postingan saya yang ini: Customer Oriented Read More

Pengin lihat template ini jadinya seperti ap? Klik di postinganku berikut: High Speed Template

DOWNLOAD:
Untuk download template tuliskan password di kolom komentar:
Passwordnya :"Terimakacih, sayang!" (tapi, ga' ngasih password juga ga' papa ...kalau tega!)
Silahkan, klik: DOWNLOAD

Semoga pola dasar template ini dapat menambah semangat ngeblog yang kayaknya cenderung lesu.
Semangat, ya!
With Love, Whienda.



Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. TERIMAKASIH ATAS INFONYA.

    BalasHapus
  2. bu whienda, nanyak nih, kolom komentarnya kok gag bisa masukin alamat web si komentator ya? biasa kan ada tuh biar orang bisa saling kunjung gitu,
    hayo.. gimana cara memperbaikinya??
    kasi tau dong...

    BalasHapus
  3. @Legy Mashury:...
    Daku sdh kunjungi dan kasih komeng ke blog Anda.Kayaknya ga ada masalah, tuh?
    Oh, ya..modifikasi warna Anda bagus. Eksklusif, deh!

    BalasHapus
  4. thanks kang... tak ciba in ya..

    BalasHapus
  5. Anonim17.6.12

    makasih sekali informasinya, nice sharing

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.