08 Agustus, 2011

Oprah Winfrey: Be Your Self!

Ia seorang gadis kecil yang malang. Ia tinggal bersama neneknya di sebuah lingkungan kumuh. Di pemukiman masyarakat miskin  itu, ia diperkosa oleh saudara sepupu dan teman-temannya. Ia diperkosa berulang kali hingga hamil.  Dan, bayinya meninggal semingu setelah dilahirkan. Sementara itu,  sang Ibu belia itu baru berusia 9 tahun. Hemm,...

Sepertinya, tragedi demikian sering terjadi di kalangan masyarakat miskin. Entah mengapa. Mungkin Oprah Winfrey mengetahuinya. Ia tahu bukan hanya karena dia berasal dari keluarga miskin. Tetapi,  ia jugalah  gadis kecil yang daku ceritakan di atas. Dia lah yang mengalami perkosaan itu ... Oprah Gail Winfrey, presenter paling terkenal di dunia.

Setelah kejadian pahit itu, ia lari ke Nashfile,  bersembunyi di rumah ayahnya. Ayah Oprah adalah mantan serdadu yang kemudian jadi tukang cukur. Sedangkan ibunya, seorang pembantu rumah tangga. Karena kesibukan orang tua itulah,  Oprah dirawat  neneknya yang .. yang ...juga tidak kalah miskin. Lebh naas lagi,  terjadilh peristiwa memilukan itu.

Di rumah ayahnya tidak ada kegiatan yang "berarti" yang dapat ia lakukan kecuali membaca. Membaca dan membaca. Jika tidak ada lagi yang dapat dibaca di rumah kumuh itu, kertas koran di keranjang sampah pun ia "lahap". "Membaca adalah gerai untuk mengenal dunia," katanya dalam sebuah wawancara TV.

Salah satu pertanyaan yang selalu merancau di benaknya, adalah, "Mengapa saya berbeda, mengapa terjadi diskriminasi?" Padahal -dimatanya- semua orang berbeda. Semua orang unik.
Meskipun demikian, ia sendiri juga tak tahu apa keunikan dirinya. 'Mengapa Tuhan menciptakan saya berbeda?" Pertanyaan itu tak pernah terjawab.

Ia bahkan pernah meniru orang lain mencoba untuk mengikuti kontes kecantikan. Ia gagal. Kegagalan itu makin membuatnya menyadari bahwa setiap orang mempunyai keunikan tersendiri. Oprah menyadari kalau tidak bisa menjadi orang ain. Oprah is Oprah.  "I am is Oprah Winfrey from Nashfile".

Sykurnya,  prestasi Oprah selalu unggul di sekolah. Prestasinya sebagai siswi teladan membuatnya diundang ke Gedung Putih. Maka, terjadilah dialog yang menarik antara presiden dengannya. Dialog yang polos, apa adanya itu dilihat oleh jutaan orang. Karenanya, dia diundang oleh berbagai stasiun televisi. Akhirnya, ia mendapat kesempatan untuk menjajal sebagai presenter.

Maka, tirai gelap dihadapannya mulai  tercabik. Ia mulai mengganti kisah pilu-nya menjadi kisah sukses. Kisah pilu-nGadis SMA berusia 19 tahun itu, berhasil merebut hati jutaan pemirsa TV. Itu terjadi hanya dalam waktu sepuluh tahun setelah mengalami kejadian perkosaan ... yang selalu dianggap menghancurkan hari depan seorang anak.

Profesi barunya sebagai presenter membawanya pindah ke Cicago. Di sana ia makin terkenal dengan program People Are Talking yang dipandunya. Tawaran untuk bermain film-pun datang bertubi-tubi. Itu terjadi sebelum ia membawakan program The Oprah Winfrey Show ... yang menduduki ranking tertinggi dalam pertelevisian dunia.

Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan pelanggaran moral dan kejahatan, bahkan diskriminatif,  mengusik hatinya untuk membantu sesama. Itu tampak sekali dalam acara TV-nya. Acara-acara yang dipandunya selalu sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan, moralitas dan pendidikan. Ia juga sering membantu secara finansial kepada anak-anak tidak berkecukupan, di seluruh dunia. Misalnya, tahun yang lalu ia menyumbang sebesar 20 juta poundsterling (atau sekitar 340 miliar rupiah) untuk anak-anak di Johanesburg, Afrika Selatan.
Sepertinya  "dendam kesumat" akan  masa lalunya yang pilu di masa anak-anak, membuatnya memberi perhatian lebih kepada sesamanya..

Setiap manusia dilahirkan unik, tidak pernah sama di antara tujuh miliar manusia cipataan-Nya. Itu adalah karunia untuk disukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.  "Be Your Self", katanya.

Anda juga bisa, 'khan? Sukses4U.

Sumber:oprahwinfrybiograpy.net, forbes.com,dailymail.co.uk.Thanks!

Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. Betul betul betul, lebih enak menjadi diri sendiri...nggak capek...jumpa lagi di bulan suci Ramadhan..salam blogger..

    BalasHapus
  2. Kalau kata Jansen H. Sinamo, Guru ethos Indonesia, setiap orang memiliki benih keagungan dalam dirinya, yang bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang luar biasa, sebagaimana yang telah dilakukan Oprah Winfrey. Dimulai dengan pencarian kedalam diri, Who am I?

    Semua kita bisa menjadi kualitas kita yang membuat dunia berdecak kagum!

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.