21 April, 2010

Hypnosis untuk efektifitas belajar-mengajar

Dalam hypnosis atau hypnoterapy, pengetahuan mengenai Sistem Aktivasi Retikular (SAR) menjadi sangat penting. Juga sangat penting dalam banyak hal. Misalnya, bagi para guru. Dengan pengetahuan ini, Guru bisa menstransfer pelajaran dan langsung terekam dalam memory otak anak didiknya. Apakah Sistem Aktikvasi Retikular itu?

SAR adalah sebuah filter atau penyaring informasi tangkapan panca indera agar tidak masuk dalam memory otak.
Ini contohnya.  Dalam perjalanan pulang dari kantor ke rumah, tentu banyak sekali yang Anda lihat di sepanjang perjalanan. Banyak, buanyaaaak sekali!  Tanpa ada filter SAR, semua yang Anda lihat itu bakal ter-rekam dalam memory otak Anda.  SEMUA!. "Hardisk" anda jadi penuh sesak!

Sebaliknya, bisa jadi, yang anda ingat hanya satu hal saja! Yaitu, poster iklan Luna Maya dengan senyum manisnya. Agaknya, kecantikan Luna Maya begitu mempesona Anda, hingga filter SAR hanya terbuka untuk si Manis itu. Maka, hanya Luna Maya yang terekam di momory otak Anda! Dengan kata lain, hanya Luna Maya yang Anda IJINKAN  untuk terekam di memory!

Sebagai paraktisi stage-hypnosis (hypnosis untuk panggung hiburan) Anda perlu melakukan berbagai hal agar menarik perhatian subyek. Jika Subyek punya ketertarikan yang tinggi kepada  Anda (sikap atau tindakan), berarti Filter SAR hanya terbuka untuk Anda. Jika terjadi demikian, Anda pun berpeluang besar untuk mengakses bawah sadar si subyek (suyet). Sementara itu, filter SAR menutup informasi lain. Itulah sebabnya, subyek hanya menuruti "perintah" Anda, dan tidak menghiraukan  "perintah" orang lain atau penonton. Seolah-olah, Anda dapat "menguasai pikiran" seseorang!

Demikian juga dalam self-hypnosis atau self hypnoterapy, Anda perlu mengalihkan perhatian Anda sendiri pada hal yang paling menarik dan menyenangkan bagi Anda. Misalnya, Anda perlu mengobarkan hasrat dengan membayangkan keberadaan Anda di sebuah taman yang indah. Dengan kata lain, semua informasi selain "taman indah" itu akan ditutup oleh filter SAR. Filter SAR hanya terbuka untuk "hasrat" Anda itu, yang memungkinkan program-program kesehatan dapat langsung dieksekusi oleh Bawah Sadar. Anda tinggal menekan tombol  "enter" saja!

Sampai di sini, Anda pati bisa menebak. Betapa pentingnya keterampilan membuaka filter SAR.  Siapa pun Anda, apakah Anda seorang salesman, presenter, pemimpin, manajer, penceramah atau public-speaker? Anda akan memperoleh manfaat besar dari ketrampilan hypnosis ini.

Kepada para Bapak/Ibu Guru/Dosen yang saya muliakan, adakah hasrat Anda menggunakan hypnosis dalam aktivitas belajar mengajar? Ataukah Anda lebih memilih tampil "seram" di hadapan murid-murid Anda?

Semoga bermanfat.
With Love, Whienda.

Artikel Terkait:

11 komentar:

  1. berarti terbukanya filter sar seseorang juga dipengaruhi oleh kemampuan orang lain dalam menarik perhatiannya. Mbak Whienda ada jawaban untuk mbak di blo saya tentang vivi murid ibu mbak. silahkan dilihat.

    BalasHapus
  2. @pelangi anak:

    Yups! Tul seratus, tus!
    Bukankah Mbak Yuli mengajak anak-anak bertepuk tangan, menyanyi, "balonku ada lima", dengan maksud mengajar aritmatika: 5-1 = 4?

    BalasHapus
  3. bagus tuh untuk murid2, kan jadinya belajar lgsg masuk ke otak, ga masuk kanan keluar kiri, wkwkwkwkwkwkwkwk.....

    pa kabar niy???
    blog saya habis hibernasi makanya lama saya ga muncul, dan skr uda muncul lg niy hehehehehe

    BalasHapus
  4. wahh...
    kayak materi kuliah ya...

    salam kenal nda,,

    ayo populerkan hypnosis dalam pembelajaran..

    BalasHapus
  5. dari artikel yang anda berikan ini,bagaimana kita bisa menumbuhkembangkan hypnosis dalam diri kita

    BalasHapus
  6. Anonim29.10.10

    waahh.. ini buat guru yaa ?
    kebetulan, saya juga guru (tepatnya pensiunan guru) ;)

    yudiehartlaner

    BalasHapus
  7. nice share :)
    thanks banget infonya

    BalasHapus
  8. Wah seru juga tuh, hehehehehe

    BalasHapus
  9. hehehe.. ga seram-seram amatlah :-)

    BalasHapus
  10. Info yang bagus Win...
    Semoga bisa digunakan untuk kebaikan ya.

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.