29 Maret, 2011

Cara mengatasi keropos tulang.

Osteopororis! Osteo artinya tulang, sedangkan porosis artinya berpori atau berlubang. Bisa jadi karena bentuk tulang penderita yang berlubang kaya batang pohon tua dan kering, maka osteoprosis disebut sebagai penyakit keropos tulang. Osteoporosis adalah suatu kondisi ketika tulang menjadi rapuh, menjadi mudah retak dan patah.
Sebenarnya osteoporosis adalah penyakit degeneratif dan normalnya baru muncul setelah seseorang berusia di atas 45 tahun. Tetapi dewasa ini ditengarai telah menyerang kaum muda yang gaya hidupnya cenderung tak sehat. Baik pola aktifitas phisik, psikis maupun pola makannya. Jika demikian, tubuh lantas  "mencuri" cadangan kalsium yang seharusnya merupakan "jatah" nya tulang.

Selalu, ya? Pencuri itu ... selalu datang diam-diam ... sehingga kedatangan penyakit osteoporosis ini juga tak terdeteksi, bisa datang kapan saja, kepada siapa saja, tidak peduli tua maupun muda, pokoknya yang punya tulang, gitu!

Ya, sudahlah, kita bicara solusinya aja!
Jika "tamu"  yang ga' pake  kulonuwun ... atau yang ga' pake salam itu datang, sediakan saja tulang yang lain. Jangan tulang Anda. Tapi tulang ayam saja! Tepatnya kaki ayam atau yang juga sering disebut sebagai ceker ayam.,

Selama ini kaki ayam dikenal mengandung zat kapur dan sejumlah mineral yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang balita dan penderita reumatik.  Ternyata, dalam sejumlah peneiltian berikutnya, ditemukan pula manfaat lain yang menakjubkan dari kaki ayam. 

Setiap 100 gram khaki ayam  mengandung 187 mg Omega3 dan 257 mg Omega6. Zat-zat ini termasuk asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Terutama, bagi pertumbuhan otak dan relaksasi pembuluh darah, sehingga dapat menekan potensi struk. Sedang kandungan Omega3 yang tinggi dapat diandalkan untuk menekan kolesterol jahat (LDL) yang dapat membunuh siapa pun kita, sewaktu-waktu tanpa tanda, tanpa gejala.

Kaki ayam mengandung  antigen antigenic dan antigen immuno-genic, untuk membangun antibody dan sistim kekebalan tubuh.

Selama ini kita mengenal kalsium sebagai obat osteoporosis. Sesungguhnya, kalsium hanya memperkuat tulang bagian luar saja. Yang paling utama adalah  hydroxyapatite yang  dapat mendukung zat bagian dalam tulang yang nantinya memperkuat tulang bagian luar. Nah, selain kalsium, kaki  ayam juga mengandung hydroxyapatite terbesar di antara binatang yang lain.

Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada kaki ayam aktivitasnya setara dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen kaki ayam ini bisa menurunkan kadar rennin dalam plasma, sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi. Kolagen ini sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi yang berbahaya itu..

Selain itu masih banyak zat-zat penting yang dikandung ceker ayam yang susunan utamanya adalah asam amino, yaitu komponen dasar protein. Di dalam asam amino antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinin-glisin, dan sebagainya.

Wahai pemuda! Gimana mau jadi tulang punggung negara? Gimana mau kerja keras banting tulang ..kalau tulangnya pada keropos semua!

With Love, Whienda





Dari berbagai sumber: antara lain: Dr. A.Marsha H., Dr. Sizer Whitney -
http://masenchipz.com, http://www.kapanlagi.com


Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. Subhaanallah... ternyata ceker ayam bisa untuk menangkal osteoprosis ya
    terima kasih infonya

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. Orangtua dulu sering memasukkan ceker ayam ke sop atau bubur bayi. Ternyata memang besar sekali manfaatnya ya.

    Cuma saya kok kurang suka makannya he he, karena biasanya yg dimasukkan ke sayur masih bentuk kaki ayam.

    Tks Wienda, sangat bermanfaat nih buat nambah pengetahuan saya.

    BalasHapus
  3. ternyata cukup mengkonsumsi ceker ayam ya.. nggak mahal juga
    terima kasih

    BalasHapus
  4. Ceker ayam kampung mungkin y lbh bagus, drpd negeri?

    BalasHapus

Whienda sampaikan hormat dan terimakasih atas apresiasi Anda. Semoga apresiasi Anda bukan hanya bermanfaat bagiku tapi juga untuk semua orang.

Nice Story

Ada cerita-cerita cantik di blog ini. Pendek, indah namun yang terpenting : inspiratif. Akan menjadi bagian dari pertimbangan Anda menentukan pilihan The Way of Live.

Karir

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi bersama saya di blog ini

Kisah Sukses

Mendukung Anda, meniti karir, mendaki langit meraih bintang. Ayo berbagi. Kita tengok cermati cara pandang, tokoh-tokoh sukses ini.

Hipnosis

Ayo, belajar hipnosis bersama saya di blog ini. Suatu yang sederhana dan alamiah yang akan membuat hidup menjadi lebih mudah untuk di jalani. Saya bantu Anda sebizaku.
Banyak cara membuat Slide Show di Sebizaku. Pasti berjalan baik. Gratis untuk Anda.

aneka slide show
Soft Transition Effect.
aneka slide show
Seperti Kompas.com punya.
aneka slide show
Random Square Transition Effect.